Post views: counter

Senin, Juni 27, 2016

Aku jadi wartawan musiman untuk beli baju kolor biniku bang

ilustrasi poto diambil dari google.com
Tersebutlah disebuah negri nun jauh di pulau sumatera namanya Langkat, dimana menjelang lebaran idul fitri, idul adha, taon baru maupun imlek, wartawan jumlahnya bertambah 20 kali lipat banyaknya. Loh kok iso ? Yo iso, wong dadhi wartawan ora sulit kok, tinggal beli kartu jadi deh wartawan hehehe.

Pada suatu hari, min 10 menjelang lebaran, seorang bendahara keuangan salah satu dinas di Satuan kerja perangkat daerah (eskapede) mengeluh. Loh kenapa ? telisik punya telisik, rupanya kawan bendahara ini pusing 7 keliling oleh ulah para wartawan. Wartawan mana ? kataku sedikit tinggi, wartawan musiman bang, kalo mau hari besar kok awak ampun ampunan dibuatnya” jawapnya. Ooo..kukira kam menuduh wartawan yang biasa nongkrong di kantin DPRD Langkat, kutembak kam nanti, karena kami yang nongkrong dikantin tu orang alim semua” Tambahku sedikit mencagili wkwkwkwk nek coyo.

Betul memang apa yang dikeluhkan kawan pejabat itu, setiap menjelang hari hari besar, jumlah wartawanpun berkali lipat dari para praktisi pena beneran, salah seorang wartawan musiman yang sempat aku tanyai kala makan siang  (maaf lagi ga puasa, lagi datang bulan hehehe) disebuah warung di jalan proklamasi  stabat keceplosan, sambil makan dimana nasi masok idungpun dia tak open saking asyiknya menceritakan maksudnya menjadi wartawan musiman.

“cemanalah bang, kutengok orang-orang kelen yang wartawan betulan neh, enak kali cari duit, wawancara dikit dapat duit, tanya dikit dapat duit, pas pula aku dah lama ga deres getah bang, anak bini dah sibuk minta kolor minta BH, kemana mau aku cari uangnya bang, terpaksa KTA kawan aku scan bayar dua cpek, yang penting pulang bawa duit bang” Ujarnya polos.

Jadi berapa isi amplop yang kam sekali terima bang ? kataku.

ya ga dipatok bang, cebanan (10.000) bisa, gobanan (20.000) alhamdulillah, kalo sehari 10 atau 20 pejabat yang ngasih, kan banyak bang" ceplosnya, makjang banyak juga pejabat yang kena deres ya ho..ho..ho

Kalo aku menolak kali amplop itu bang, isinya yang penting, ya kan bang, cas kita dulu ahk" Jawapku sembari berkelakar. 

Marahkah aku atas jawapan opak opak ini, tidak, tersinggungkah aku, juga tidak. Malah aku mendoakan agar ia banyak bawa hasil rampasan perang pulang agar anak bininya dapat beli kolor beli beha yang seperti yang diceritakannya tadi.

Cuma yang bikin aku sedikit termenung, ketika dia mengatakan  bahwa orang sepertiku dan wartawan yang setiap hari meliput berita gampang mencari rupiah, ga tau dia kalo di kantin DPRD tu yang didapat Cuma bual dan cakap cakap aja. Ondeh mandeh ajap kapalo kalo dah begini... ga tau dia kalo aku pusingnya 300 keliling karena min 10 neh belum bisa belikan anak bini baju dan kolor wkwkwkwk. Kampret..kampret.. (**)


Ditulis dengan bahasa khas Langkat oleh Moel Piliang, eks jurnalis Top Metro Media Network yang sekarang aktif menulis di blogger.com google.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Advertising

Delivered by FeedBurner